peristiwa

Komplotan Penipu Berbasis Online Digerebek KODIM 0607 Sukabumi


Lensasukabumi.com – Diduga Sindikat penipuan berbasis online dibekuk Satuan Intelkam Kodim 0607/Kota Sukabumi sekitar pukul 01:30 WIB, Rabu (9/5/17), di sebuah kontrakan Perumahan Genting Puri yang berada di jalan Pangkajene Blok A2, Cibeureum, Kota Sukabumi.

Pelaku yang diamankan diantaranya AB (34), M TR (24), RS (27), UN (24), EO (32), DI (34) dan DU (20) yang merupakan Kelompok Makasar.

Modus para pelaku meminta agar korbannya untuk menyetorkan biaya administrasi atas penarikan hadiah yang akan diperolehnya, dengan cara menyebarkan banyak pesan singkat atau SMS kepada para korbannya terutama nasabah Bank BRI, yang kemudian memberikan website link sebagai pemenang undian Bank BRI, agar para korban percaya. Para korban menyadari bahwa dirinya telah tertipu setelah menunggu hadiahnya tak kunjung datang.

Beberapa barang bukti yang telah diamankan diantaranya, 36 buah ponsel, 263 buah modem internet, 14 unit laptop, 16 buah USB Hub, 13 buah stop kontak, 2 buah koper besar, 9 unit charger HP, 14 buku catatan no HP, 26 unit charger Laptop, 8 buah kipas angin pendingin laptop, 2 tas gendong, 2 tas pinggang, 2 unit motor, 875 sim card berbagai jenis, 10 buah batre HP, uang senilai Rp38 juta, 38 buah kartu kredit, 4 buah sim kendaraan, 4 buah ktp, 13 buah credit card dan 2 buku rekening bank.

Mayor Infantri Suparno selaku Kepala Staf Kodim 0607/Kota Sukabumi menjelaskan, para pelaku ditangkap berdasarkan laporan dan kepedulian dari warga setempat karena aktifitas para pelaku yang mencurigakan.

“Dari hasil laporan warga tersebut kami langsung melakukan penggerebegan oleh anggota Unit Kodim 0607/Kota Sukabumi dan menangkap otak pelaku YI alias IW (34) warga Kampung Pasir Peundeuy Rt.04/01 Desa Kadupandak, Kabupaten Cianjur bersama enam anak buahnya,” ungkap Suparno.

Lanjut Suparno “mereka mempunyai tugas masing-masing, ada penyebar SMS, ada pengambil uang yang sudah masuk ke ATM dan ada penerima telpon, untuk penyelidikan lebih lanjut, ke-delapan tersangka diserahkan kepada Satuan Reserse dan Kriminal Polres Sukabumi Kota untuk dilakukan penyelidikan”.

“Kami serahkan semua tersangka kepada pihak kepolisian untuk penyelidikan lebih lanjut, korban sendiri kami belum mengetahui berapa jumlahnya dan jaringannya”, imbuhnya. (Pras)


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top

Powered by themekiller.com watchanimeonline.co