Daerah

Sistem Pajak Online Cegah Munculnya ‘Gayus’ di Daerah


Lensasukabumi.com – Pemberlakuan sistem penyetoran pajak secara online dapat mencegah munculnya jutawan-jutawan model Gayus Tambunan  di Kota Sukabumi.  Karena dengan sistem online, para oknum petugas pemungut pajak yang biasa memain-mainkan dana pajak untuk kepentingan pribadi akan dibuat mati kutu.

“Sistem penyetoran pajak di Kota Sukabumi Sukabumi masih manual, termasuk pajak hotel dan pajak hiburan. Keyakinan kami, pada sistem manual ini terbuka kesempatan bagi oknum pemungut pajak daerah untuk berbuat tidak jujur. Karena itu untuk mencegah munculnya Gayus-Gayus kecil di Kota Sukabumi, sistem penyetoran pajak diganti dengan sistem online,” kata Anggota DPRD Kota Sukabumi, Budiyanto kepada wartawan, kemarin.

Politisi Partai Hanura ini menambahkan, melalui sistem online, wajib pajak akan mendapatkan kepastian dan kejelasan tentang besaran pajak yang harus dibayarkan sesuai dengan perda. Dalam hal pembayarannya, bisa melalui bank atau fasilitas ATM. Sistem ini akan memperkecil tatap muka antara petugas pajak dengan wajib pajak.

Alasan Budiyanto mendesak Pemkot Sukabumi untuk memberlakukan sistem online tersebut adalah adanya kemungkinan dana pajak yang banyak tercecer di jalan atau tidak masuk ke kas daerah. Buktinya, kata dia, target untuk pendapatan dari pajak hotel dan pajak hiburan tidak tercapai. Mungkin saja, ujar dia, sebagian dari pajak-pajak tersebut diselewengkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Jangan ada lagi sistem manual seperti dahulu, kuno dan rawan penyimpangan. Menurut saya, pemberlakuan sistem online merupakan solusi untuk meningkatkan PAD dari pajak daerah.  Kenaikan tarif pajak bukan solusi karena malah memberatkan pengusaha dan tidak menjamin dapat menaikkan PAD,” tutur Budiyanto.

Beberapa waktu lalu, dia ikut dalam rombongan studi banding ke Kota Bogor yang telah menjalankan sistem pajak daerah online.  Menurut Budiyanto, potensi pajak daerah di Kota Bogor dapat tergali semuanya karena wajib pajak memperoleh kejelasan tentang kewajiban yang harus ditunaikannya.

“Sistem pajak online dapat menjamin  keterbukaan sehingga publik bisa memantau pemasukan dari pajak daerah. Dengan demikian kami pun dapat mengestimasi secara akurat besaran pajak yang dapat ditarik,”pungkas Budiyanto. (Pras)


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top

Powered by themekiller.com watchanimeonline.co