Daerah

Pemerintah Desa Cisarua Menggelar Sosialisasi Penggunaan Anggaran TA. 2017


Lensasukabumi.com – Dana Desa adalah dana yang bersumber dari
Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang diperuntukkan bagi Desa dan Desa Adat yang ditransfer melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja  Daerah kabupaten/kota  dan  digunakan  untuk membiayai  penyelenggaran pemerintahan, pembangunan, serta pemberdayaan masyarakat, dan kemasyarakatan.

Dalam rangka memicu pembangunan daerah di desa, agar Alokasi Dana Desa dapat tersalur dengan baik Pemerintah Desa Cisarua, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi melaksanakan Sosialisasi Penggunaan Alokasi Anggaran Dana Desa TA. 2107, Senin, (22/5/17).

Kegiatan dipusatkan di Aula Desa Cisarua dihadiri oleh unsur Muspika Kecamatan Nagrak, diantaranya Camat Nagrak yang diwakili oleh Kasi Pemerintahan, Babinsa, Babinkamtibmas, BPD, LPMD, Ketua Karang Taruna, PKK, RT/RW dan tokoh masyarakat beserta tamu undangan lainnya.

Kepala Desa Cisarua Kosasih menjelaskan,” Adapun inti Sosialisasi yang dibawakan antara lain : Pengeluaran Keuangan dan Anggaran di desa harus transparansi dan akuntabel, Masyarakat dapat juga mengingatkan kepada kepala Desa untuk pertanggungjawaban Anggaran Desa.

“Kepala Desa sebagai pengelola keuangan Desa dan masyarakat sebagai pengawas pembangunan boleh menanyakan apa saja program yang akan di laksanakan oleh pemerintah desa masyarakat juga boleh memberikan saran dan masukan untuk kemajuan Desanya,”ungkap kosasih saat di temui di sela-sela acara.

Lanjut dikatakan Kosasih, kami pemerintah desa ingin masyarakat mengetahui besaran anggaran yang masuk ke desa dan untuk apa saja penggunaannya. Dengan transfaransi seperti ini diharapkan tidak ada tudingan miring dari warga mengenai pengelolaan anggaran karena mereka sudah diberikan pemahaman  sebelumnya,”harapnya.

Sementara itu tokoh masyarakat yang juga menjabat sebagai ketua RW 02 Kp. Cisadaria  Arif mengatakan, menanggapi sosialisasi berkaitan dengan penggunaan anggaran TA 2017 merupakan kegiatan yang sangat positif sekali, kami atas nama ketua RW 02 dituntut untuk menyampaikan hasil dari pertemuan ini kepada masyarakat  apalagi ini diera globalisasi informasi. Segala sesuatu harus diinformasikan dengan jelas kepada masyarakat dan kami punya kewajiban sebagai ketua RW harus menginformasikan program-progam yang dijalankan oleh pemerintah desa pada warga kami.

Dengan sosialisasi ini kami sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada kepala desa cisarua khususnya, mereka telah bekerja dengan maksimal, untuk itu mari kita sama- sama untuk mensukseskan pembangunan yang ada di desa salah satunya dengan transfaransi anggaran yang merupakan simbol keperceyaan masyarakat kepada pemerintah desa. Kami berharap dengan cara seperti ini Desa Cisarua akan lebih baik lagi kedepannya.  (D2)

 


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top

Powered by themekiller.com watchanimeonline.co