ragam berita

Debit Air Sungai Citarik Surut, Pengunjung Olahraga Arus Liar Menurun


Lensasukabumi.com –  Para pencinta alam dan olahragawan pemanjat tebing profesional berskala Nasional adakan silaturahmi di Situ Gunung, Kadudampit, Sukabumi (25/8).

Pada kegiatan tersebut tampak dihadiri oleh para perintis, sesepuh, pendiri organisasi pencinta alam di Indonesia, serta pengusaha di bidang olahraga pencinta alam.

Ocin yang merupakan salah satu perintis organisasi pencinta alam dan anggota Wanadri mengatakan, “Sukabumi memang potensial untuk obyek wisata namun perlu persiapan perangkat pendukung, ini akan dijadikan model untuk tempat wisata lainnya”, ungkapnya.

Adanya obyek wisata, lanjut Ocin, yang harus dilestarikan dan dijaga, salah satunya olahraga arung jeram di Citarik yang menjadi kebanggaan warga Sukabumi, dengan potensi alam yang ada dapat menjadikan sebuah industri bisnis tersendiri bagi warga sekitar.

Pada kegiatan tersebut dihasilkan 2 poin penting yaitu, Kami berkegiatan di alam dengan tujuan mendidik diri, menumbuhkan rasa cinta tanah air dan cinta lingkungan. Serta Dalam berkegiatan di alam kami menghargai perbedaan, baik suku, agama, ras dan golongan.

Lody Korwa, salah seorang pengusaha dan pemilik usaha di bidang olahraga arung jeram di Citarik, sangat menyayangkan kondisi yang ada pada sungai Citarik saat ini, dengan aliran sungai yang sudah surut, hingga mengurangi penggiat olahraga memacu adrenalin tersebut.

Lody mengungkapkan, “salahsatunya dikarenakan debit air sungai Citarik berkurang menyebabkan minat pengunjung olahraga arus liar menurun, sedangkan sungai Citarik dengan olahraga arung jeramnya menjadi salah satu kebanggaan Sukabumi dan sering dijadikan role model untuk industri semacam itu di tempat lain” dirinya melihat, dengan berkurangnya peminat arung jeram, tentunya mempengaruhi pendapatan warga sekitar yang diperoleh dari bisnisnya tersebut.  (Pras)


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top

Powered by themekiller.com watchanimeonline.co