ragam berita

Warga Enam RW di Kelurahan Cibadak, Gotongroyong Bersihkan Saluran Irigasi


Lensasukabumi.com – Gotong royong di masyarakat, kunci utama persatuan dan kemajuan Indonesia. Seperti halnya pemberdayaan masyarakat kelurahan Cibadak dengan menggerakkan enam ke RW-an untuk pembersihan dan perawatan saluran irigasi Cikolawing II, yang dimulai dari hulu (Bungur Sarang), sampai hilir (Leuwi Peti), kelurahan/kecamatan Cibadak, kabupaten Sukabumi. Minggu (19/11/2017).

Gebrakan swadaya masyarakat, ubah nilai fungsi saluran Irigasi yang sebelumnya tidak berfungsi sebagai mestinya, karena penyumbatan sendimen dan sampah pada titik – titik saluran sebab tidak adanya kepengurusan dan pengawasan sehari – harinya. Jadi bukti nyata masyarakat kelurahan Cibadak, untuk meniti infrastruktur dan pembangunan masyarakat yang lebih baik.

Gotong royong, kerjasama, kerja keras dan kerja kompak antar rukun warga (RW) 11, 12, 13, 14, 15, 25, dan 29, di kelurahan Cibadak ini yang wilayahnya sepanjang saluran irigasi Cikolawing II mengalir. dan dorongan dari pihak kelurahan, hingga turut sertanya anggota dewan untuk membantu menambahkan rasa kebersamaannya. Berupaya untuk bangkit dalam keterpurukan yang klasik, meninjau, mengelola, lalu merubahnya menjadi aset yang menguntungkan bagi masyarakatnya.

Yusuf, ketua RW 29 membeberkan perencanaan – perencanaan pembangunan di kelurahan Cibadak. “Alhamdulillah, ini bukan hanya sekedar pertemuan untuk bergotong royong pengangkatan sendimen supaya air mengalir saja.

Kita sekaligus bergerak bersama RW lainnya di kelurahan Cibadak,  PPPA, LPM, PSDA, anggota dewan untuk peninjauan pembangunan titik – titik rawan bencana, sampai ke titik hulu di bendungan Cikolawing, desa Balekambang yang sudah disepakati bersama untuk segera dibangun,” jelasnya.

“Untuk menangani sampah, kami sosialisasikan kepada masyarakat supaya tidak menilai sampah itu adalah beban yang memberatkan. Tapi, disitulah kami mengajak masyarakat untuk berkreativitas mengelola sampah yang ada,  menjadi pundi – pundi rupiah,” tegasnya.

Namun, Yusuf menyayangkan karena belum adanya fasilitas – fasilitas yang mendukung dari pemerintah, baik itu dari infrastruktur dan ilmu untuk merampungkan niatnya. Padahal kekompakan dan semangat masyarakat yang menjadi modal awalnya sudah terbangun kokoh.

“Kami sangat membutuhkan dorongan kuat dari pemerintah, dari segi teknologi informasi, berikut keilmuannya. Yang ada sekarang ini adalah rencana, cita – cita dan gerakan tahap awal saja, karena kekompakan dan semangat gotong royongnya kita sudah punya,” harapnya.

“Kami berharap, pemerintah membuatkan kami tempat pengelolaan dan pemberdayaan sampah. Bukan tempat pembuangan sampah. Karena kami menyadari untuk pembuangan sampah, kami tidak memiliki aksesnya. Armada kebersihan pasti tidak sampai, sebab keterbatasan fasilitas jalan,” tambahnya.

Lurah Cibadak Budi Andriana sangat mengapresiasi inisiatif masyarakat melasanakan gotong royong membersihkan saluran irigasi yang melintas di 6 ke-Rw’an. Ia menyebutkan, tugas sebagai pemerintah daerah itu adalah memfasilitasi kegiatan yang ada di masyarakat, bagaimana kelurahan ini memperdayakan masyarakatnya. Berbeda dengan desa, kelurahan mempunyai tugas pokok dan fungsi.

Melaksanakan tugas bagian yang dilimpahkan kecamatan, seperti penyelanggaraan pemerintahan, kewenangan publik, dan pemberdayaan masyarakat. “Terus terang, kami sangat memberikan apresiasi kepada masyarakat, khususnya yang ada dilingkungan ke enam RW ini, yang sudah mau berpartisipasi dalam bekerja keras, gotong royongnya dan luar biasa kompaknya.

Ini adalah salah satu alat untuk mempererat silaturahmi masyarakat, bukan hanya sekedar membersihkan lingkungan,” pungkasnya. (Gumelar/Renal)


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LENSA SUKABUMI, di bangun berdasarkan keresahan warga sukabumi akan kebutuhan informasi yang masih terbatas

sebagai sarana bertukar informasi yang bermanfaat bagi warga sukabumi secara umum agar dapat memenuhi kebutuhan akan informasi seputar sukabumi yang aktual & terpercaya

Artikel Populer

Copyright © 2016 Lensa Sukabumi

To Top

Powered by themekiller.com watchanimeonline.co