ragam berita

PDAM Tirta Jaya Mandiri Targetkan 3250 Saluran Air Bersih Baru


Lensasukabumi.com – Program Nasional yang diusungkan oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Pusat dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) targetkan ditahun 2019 semua masyarakat Indonesia harus mendapatkan air bersih dengan merata. 

Rencananya 3250 saluran langganan air bersih baru di kabupaten Sukabumi, Namun cabang – cabang tidak semua ikut, karena dilihat dari kondisi air.

Ada sebanyak 13 cabang unit PDAM kecamatan ikut program Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), yaitu kecamatan Cisolok, Cibadak, Purabaya, Parakansalak, Nagrak, Parungkuda, Sukalarang, Cikembar, Citarik, Kabandungan, Cidahu, Cicurug dan Caringin.

Harapannya, semua cabang unit PDAM di kecamatan ikut serta dalam program MBR, namun benturan permasalahan dari ketersediaan sumber air baku cabang unit PDAM tersebut.

Dari laporan pemeriksaan  verfiikasi  Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) ke lapangan, Kementerian Keuangan menyetujui Anggaran senilai 9,7 Milyar untuk wilayah kabupaten Sukabumi.

Menurut Budiarkah, selaku Direktur Umum PDAM Pusat kabupaten Sukabumi, sasaran program MBR dengan kriteria yang sederhana. Yaitu, pertama dilihat dari pemasangan listrik dirumah target MBR, daya tidak lebih dari 1300 WATT. dan dilihat dari status pekerjaan atau penghasilan ekonominya.

Di kabupaten Sukabumi, program MBR, sudah berjalan sedari tahun 2015 dengan pelayanan terbaik di Indonesia. “Sampai tahun 2017, sudah terpasang 5000 saluran langganan (SL), ditambah 3250 SL yang sekarang ini ditargetkan, syukur – syukur lebih dari target,” harap Budi saat ditemui di kantor PDAM Pusat kabupaten, Jl. Cireundeu No. 5 desa Karangtengah, kecamatan Cibadak, kecamatan Sukabumi. Rabu (22/11/2017).

“Kita upayakan setiap minggunya untuk pengoptimalan penyediaan sumber air baku. dan untuk kedepannya, kita berusaha semaksimal mungkin, agar sumber air yang di Indonesia, khususnya yang ada di kabupaten Sukabumi ini bisa termanfaatkan dengan baik,” tegasnya.

Mudah – mudahan dengan adanya program MBR tersebut, target pemerintah untuk penyediaan air bersih tercapai,” pungkasnya. (Gumelar/Renal)


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LENSA SUKABUMI, di bangun berdasarkan keresahan warga sukabumi akan kebutuhan informasi yang masih terbatas

sebagai sarana bertukar informasi yang bermanfaat bagi warga sukabumi secara umum agar dapat memenuhi kebutuhan akan informasi seputar sukabumi yang aktual & terpercaya

Artikel Populer

Copyright © 2016 Lensa Sukabumi

To Top

Powered by themekiller.com watchanimeonline.co