Daerah

KPU Sosialisasikan Tahapan Program Pilkada Kepada Ratusan Pelajar Kabupaten Sukabumi.


Lensasukabumi.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi, berikan pemahaman bagi pemilih pemula usia 17 tahun atau setingkat siswa kelas 12, untuk mengenal tahapan pemilihan dengan cara berdemokrasi, dalam menghadapi pemilihan  gubernur (Pilgub) dan wakil gubernur (Wagub) Jawa Barat pada tanggal 27 juni 2018 mendatang.

Sosialisasi yang digelar di SMA Negeri 1 Cibadak sekira pukul 09:00 WIB, dan dihadiri oleh 120 pelajar dari 17 sekolah menengah atas atau sederajat, yang ada di berbagai wilayah Kabupaten Sukabumi. Sabtu (25/11/2017).

KPU adakan kegiatan tersebut guna meningkatkan partisipasi para pelajar, memahami tata cara berdemokrasi dengan baik dan benar, hingga menjadi pemilih yang cerdas pada saat menjadi pemilih pemula pada Pemilihan Kepala Daerah di tahun mendatang. Serta bagaimana menjadi individual yang bertanggungjawab atas hal demokrasi yang  dimilikinya.

Tetty Sutianty Zafar  selaku anggota KPU divisi SDM dan sosialisasi, mengatakan tujuan sosialisasi bagi pelajar, masyarakat atau siapapun. Itu untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dengan berbagai segmen, metode atau berbagai keadaan. Tetapi tetap poinnya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat.

“Partisipasi masyarakat dalam pemilu disini, ada dua tahap penting. Pertama, pada saat proses, Yaitu memberikan informasi – informasi terpenting, ajakan – ajakan untuk mencoblos, juga hal – hal yang bernilai positif untuk mendukung dalam kepemiluan di pilkada 2018,” jelasnya.

“Kedua, pada saat pelaksanaan. Jangan sampai pada saat prosesnya ajak masyarakat pada hal – hal positif, tetapi pada saat pelaksanaan malah tidak menjadi dari bagian pemilih, tidak memilukan hak pilihnya,” tambahnya.

Tetty berharap, sosialisasi ini adalah upaya yang KPU lakukan untuk meminimalisir terjebaknya masyarakat dari pemimpin – pemimpin yang lakukan “money Politics”. Yaitu dengan memberikannya fasilitasi sebanyak – banyaknya pada masyarakat tentang pentingnya untuk menjadi pemilih yang cerdas.

Tetty menambahkan, untuk pemilih pemula tentu harus dibarengi juga simulasi pemilihan itu sendiri. Jangan sampai pemahaman sudah oke, sudah mantap, serta  komitmen untuk memilih pada hari prosesnya sudah bagus. Tapi, pada hari H, masih bingung. Belum tahu bagaimana. “Kami imbau kepada para pelajar, untuk lakukan kunjungan ke Rumah Pintar Pemilu (RPP) di kantor sekretariat KPU Kabupaten Sukabumi,” pungkasnya. (Gumelar/Renal)


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LENSA SUKABUMI, di bangun berdasarkan keresahan warga sukabumi akan kebutuhan informasi yang masih terbatas

sebagai sarana bertukar informasi yang bermanfaat bagi warga sukabumi secara umum agar dapat memenuhi kebutuhan akan informasi seputar sukabumi yang aktual & terpercaya

Artikel Populer

Copyright © 2016 Lensa Sukabumi

To Top

Powered by themekiller.com watchanimeonline.co