peristiwa

Diguyur Hujan, Dua Desa Desa Dikecamatan Cibadak Dilanda Bencana Longsor Dan Banjir


Lensasukabumi.com – Akibat hujan deras disertai angin dua kampung di Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi mengalami bencana longsor dan banjir. Puluhan hektar sawah terndam dan rumah mengalami longsor. Pada Kamis sore, (08/02/2018).

Puluhan hektar sawah dipastikan gagal panen karena terendam lupan air sungai yang terjadi dikampung  Babakan Banten Rt 01/09 Desa Sukasirna, Kecamatan Cibadak. Tidak hanya itu, rumah Edi Supriadi (53) di Kampung Pancalikan RT 01/15 Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, juga tertimbun tanah longsor yang menimpa bagian dapur rumahnya.

Beruntung bencana longsor tersebut tidak memakan korban jiwa, namun kerugian ditaksir puluhan juta rupiah.

Eman warga warga Kp. Babakan Banten, Desa Sukasirna mengungkapkan, banjir disebabkan luapan air yang meningkat karna hujan deras yang berkepanjangan pada kamis siang, mengakibatkan sawah terendam luapan air sungai dan beberapa rumah mengalami longsor,”ungkapnya.

Dijelaskannya,”sebetulnya setiap tahun sering terjadi banjir disini namun skala nya kecil, tapi hari ini banjirnya cukup besar mungkin ini terjadi karena pendangkalan aliran sungai. Mana sawah mau panen, dengan kejadian ini dipastikan para petani gagal panen karena sawahnya tergerus banjir,” jelas Eman.

Sementara itu, Edi Supriadi korban longsor mengatakan,” saat kejadian dia bersama keluarganya berada di dalam rumah. “Saya kaget mendengar suara bergemuruh dari arah dapur, spontan saya bersama keluarga berlari keluar takut terjadi apa-apa, ketika saya cek ternyata tebing di samping rumah saya longsor dan menimpa bagian dapur hingga ambrol,”terangnya.

“Alhamdulillah keluarga saya selamat, namun begitu saya masih trauma dengan kejadian tersebut takutnya ada longsor susulan, karena rumah saya percis dibawah tebing. Mungkin sementara waktu saya akan mengungsi dulu kerumah tetangga atau saudara sambil menunggu bantuan datang,”ujarnya. ( Ivan )


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top

Powered by themekiller.com watchanimeonline.co