Daerah

Pedagang Kaki Lima Taman Kota Cikondang, Akan Direlokasi Ke- Lahan Eks Terminal Kota Sukabumi


LENSASUKABUMI.COM – Pemerintah Kota Sukabumi, membangun kios kuliner warga sekitar taman Cikondang Kota Sukabumi. Kios – kios tersebut dibangun diatas lahan eks terminal Kota Sukabumi, yang bertujuan agar para pedagang kaki lima yang berjualan di badan trotoar sekitar bisa ditempatkan dan ditata sehingga trotoar kembali kepada pungsinya.

Pemanfaatan lahan eks terminal Cikondang di Jalan Cipanas Cikondang Citamiang Kota Sukabumi, dilakukan Dinas Lingkungan hidup dengan peletakan batu pertama kios taman Cikondang . Pembanguan rencananya dikhususkan bagi para pedagang kaki lima yang berjualan dibadan trotoar taman cikondang.

Pada kesempatan tersebut, Walikota Sukabumi Mohammad Muraz mengatakan,” Ada 31 kios untuk centra kuliner bagi para pedagang kaki lima yang ada didepan taman Cikondang, agar mereka tidak berjualan dibadan trotoar.

“Untuk pembangunan kios taman cikondang sepenuhnya dikelola Dinas lingkungan hidup kota sukabumi, menggunakan anggaran dari Bank BJB sebesar RP 370 juta lebih,”ungkapnya.

Hal senada dikatakan, Kepala Dinas lingkungan Hidup Kota Sukabumi Adil Budiman,” menurut dirinya kios ini dibangun karena para pedagang kaki lima memenuhi sekitaran trotoar taman cikondang, hal ini dilakukan agar keberadaan taman tertata dan terkelola dengan baik,”ujarnya kepada wartawan.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, dengan dibangunya kios – kios kuliner agar tersedianya pusat jajanan yang representatif . adapun syarat untuk mendapatkan kios para pedagang harus memenuhi kewajiban dengan membayar restribusi kepada pemerintah guna mendukung pendapatan asli daerah ( PAD) .

”Bagi pedagang yang akan menempati kios tersebut, kita akan gunakan sistem kocok seperti arisan, nantinya akan dikonclong agar mendapatkan keadilan tempat dan posisinya,” jadi tidak akan ada kecemburuan sosial kedepannya karena kios yang akan ditempati hasil dari pilihan mereka,”pungkas Budiman usai peletakan batu pertama pembangunan. (her)


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LENSA SUKABUMI, di bangun berdasarkan keresahan warga sukabumi akan kebutuhan informasi yang masih terbatas

sebagai sarana bertukar informasi yang bermanfaat bagi warga sukabumi secara umum agar dapat memenuhi kebutuhan akan informasi seputar sukabumi yang aktual & terpercaya

Artikel Populer

Copyright © 2016 Lensa Sukabumi

To Top

Powered by themekiller.com watchanimeonline.co