Daerah

Masyarakat Kecamatan Sukabumi Setuju Lahannya Dipergunakan Pembangunan JalanTol


LENSASUKABUMI.COM – Sosialisasi pembebasan lahan Jalan tol Bocimi (Bogor, Ciawi, Sukabumi) seksi III dan IV di Kecamatan Sukabumi dilaksanakan di Balai Desa Sukajaya, Rabu (21/02/2018).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut PT. Trans Jabar Tol, Kementrian PUPR RI, Kepala BPN Kab Sukabumi, Kepala Dinas Pertanahan dan Rata Ruang Kab Sukabumi serta perwakilan dari Kejaksaan Negeri Cibadak. Di hadiri juga Perwakilan dari Sekda Kab Sukabumi, Kapolres dan Dandim Kab Sukabumi serta jajaran Muspika Kec. Sukabumi.

Pantauan Lensasukabumi.com dilokasi ratusan warga dari 3 Desa yang terkena pembangunan jalan tol Bocimi mengikuti acara sosialisasi yang digelar di Desa Sukajaya tersebut. Sementara 3 Desa yang terdampak jalan Tol meliputi Desa Sukajaya, Warnasari dan Sudajaya Girang.

Saat ditemui di sela acara Kepala BPN Kab Sukabumi, Ir. Syafrian Himawan M.Si kepada Lensasukabumi.com mengatakan,” mayoritas pemilik lahan di Kecamatan Sukabumi mendukung pembangunan tol Bocimi. Dari hasil sosialisasi yang kami lakukan kepada warga 3 desa yakni Desa Sukajaya, Desa Sudajaya Girang dan Desa Warnasari mereka setuju lahannya dipergunakam untuk pembangunan jalan Tol.

Mereka Faham keberadaan jalan tol akan memberikan dampak positif tidak hanya mengatasi masalah kemacetan akan tetapi berdampak positif juga terhadap pembangunan di Kabupaten Sukabumi karena pertumbuham uang dan pertumbuhan ekonomi akan semakin cepat,”terang Syafrian Himawan.

Sementara itu, Koordinator Lapangan sesi III & IV PT. TJT, Mohamad Andy Herlambang menjelaskan, sejauh ini selama sosialisasi berjalan belum menemukan kendala yang signifikan, di beberapa Kecamatan dan Desa rata rata masyarakat setuju dengan rencana pembangunan jalan tol.

“Perkembangan jaman dan moderenisasi membuat masyarakat kita cerdas dan mereka sangat mengerti pentingnya sebuah pembangunan. Selama ini masyarakat sudah dihadapkan pada kondisi jalanan Sukabumi yang macet untuk itu, dengan hadirnya jalan tol masyarakat berharap masalah kemacetan bisa teratasi,”jelas Andi.

“kami berharap pembangunan Jalan tol ini dapat berjalan lancar tentunya dengan dukungan dari semua pihak khusunya Pemerintah daerah maupun pusat serta dukungan dan partisipasi dari warga Kab Sukabumi terutama warga yang lahannya terkena dampak pembagunan Jalan tol Bocimi ini, dengan demikian saya yakin program ini akan berjalan dengan baik,”harapnya.

Terpisah, Kepala Desa Warnasari, Muchtar Sophian menyambut baik pembangunan Jalan tol Bocimi. Menurutnya, ini sangat bagus terutama untuk mengurai kemacetan dan berharap dapat menumbuhkan laju perekonomian warga.

“apabila ada Jalan tol otomatis kemacetan di sukabumi akan terurai, dengan begitu saya berharap dapat memicu laju roda perekonomian khususnya bagi warga Desa Warnasari.

Kami yakin masyarakat yang terkena dampak pembangunam ini tidak akan mempersulit pemerintah dalam pembebasan lahan. Pada dasarnya warga Desa kami sangat mendukung pembangunan jalan tol ini. Namun, yang terpenting dalam proses penggantiannya tidak ada pihak yang merugi, artinya sesuai dengan aturan yang berlaku. maka itu saya akan kawal terus program ini sampai tuntas supaya berjalan lancar dan kondusif,”pungkas Kades. (*)


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top

Powered by themekiller.com watchanimeonline.co